Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3 Kecamatan Gelar Musrenbang RKPD 2023 di Tiga Dolok

Nagori Tiga Dolok - KABAR NAGORI | Tiga kecamatan, yakni Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Dolok Panribuan dan Jorlang Hataran secara bersamaan laksanakan Musrenbang RKPD 2023 Tingkat Kecamatan di Balairung Pasar Tradisional Tiga Dolok (Pekan Tiga Dolok), Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Senin (07/03/2022).

Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) tersebut dihadiri Camat Girsang Sipangan Bolon, Maruandi Yosua Simaibang, Camat Dolok Panribuan, Nopen Germanicus Sijabat, Camat Jorlang Hataran, Pondang Sidabutar, UPT masing-masing Kecamatan, Para Pangulu bersama dengan Maujana, Perwakilan Kelompok Tani (Poktan), Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda masing-masing nagori/kelurahan dari tiga kecamatan.

Selain itu, musyawarah untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Simalungun Tahun 2023 itu juga dihadiri oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Simalungun bersama 2 anggota DPRD Simalungun, yakni Jasser Parade Gultom dan Benhard Damanik.

Musrenbang dibuka oleh Camat Dolok Panribuan, Nopen G. Sijabat, kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Simalungun yang dibacakan oleh Kepala Bidang  Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Simalungun, Eduard Sitorus.

Prioritas pembangunan Kabupaten Simalungun tahun 2023 yang bertemakan Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia Berlandaskan Kearifan Lokal selaras dengan pembangunan nasional dan provinsi yang mengarah pada pemulihan ekonomi nasional.

Sebelum penyampaian usulan dari masing-masing kecamatan, Rolin Purba mewakil Bapedda Simalungun memaparkan program-program pembangunan  yang akan direalisasikan pada tahun 2022 ini di tiga Kecamatan tersebut.

Program pembangunan tersebut merupakan prioritas dan hasil dari musrenbang tahun 2021 yang lalu untuk pembangunan tahun 2022, yang ditampung dan direalisasikan dari berbagai dinas dan sektor.

Anggota DPRD Simalungun, Jasser Parade Gultom dalam sambutannya mengatakan, sebagai wakil rakyat, pihaknya akan mengawal setiap usulan masyarakat hingga ke musrenbang tingkat kabupaten, dengan memprioritaskan usulan yang ditampung sesuai kemampuan keuangan daerah.

Jasser juga menyampaikan keluhan masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan. Untuk itu a meminta dinas terkait untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Seperti perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) misalnya, kedepannya masyarakat kiranya dapat melakukan perekaman/pencetakan KTP-el di kecamatan, misalnya di Kecamatan Jorlang Hataran. Jadi masyarakat tidak perlu harus jauh-jauh ke Raya.

Diakhir acara Musrenbang kecamatan, dilakukan penandatanganan prioritas usulan hasil musrenbang yang sebelumnya telah di-input oleh masing-masing nagori/kelurahan ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) lewat situs website https://simalungunkab.sipd.kemendagri.go.id.

Penandatanganan dilakukan oleh wakil kecamatan masing-masing dengan pihak Bapedda Kabupaten Simalungun, kemudian ditutup dengan makan siang.
IKLAN
IKLAN
pasang