Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Hadiri Safari Jumat Forum Silahtuhrahmi Ormas Islam di Kecamatan Bandar Huluan

Nagori Naga Jaya I - KABAR NAGORI | Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga S.H. MH bersama Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi S.Sos., M.M. menghadiri 'Safari Jumat Forum Silahtuhrahmi Ormas Islam' di Masjid Baitul Gofur, Nagori Naga Jaya I, kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum’at (28/01/2022).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun menyambut baik kegiatan safari Jum’at yang dilaksanakan oleh Forum Silahtuhrahmi Ormas Islam Kabupaten Simalungun. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut di kecamatan-kecamatan yang lainnya.

“Ketika kami melantik 80 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada waktu yang lalu, kami melihat aura yang positif dan ketika memilih para camat kami tidak melihat orangnya, namun lebih melihat latar belakang berbasis kinerja, seperti apa dulu kinerjanya, militansinya, loyalitasnya, khusus Bandar Huluan ini. Camat paling mudah, jadi kami titipkan Camat kami disini, jika ada kesalahan kasih tau kami, tapi kalau dia baik masyarakat juga harus beritahu,” kata Bupati.

Disampaikan bahwa, para panglu merupakan garda terdepan untuk pembangunan di Kabupaten Simalungun.

“Kita harus berubah untuk kemajuan kampung halaman kita ini, bener-benar menjalankan dana desa sebagai mana mestinya, termasuk bantuan BLT dan lain sebagainya harus tepat sasaran, harus benar-benar warga miskin yang benar-benar tidak mampu,” kata Bupati.

Disampaing itu Bupati menghimbau kepada para para pengulu untuk menghindari pungutan pungutan liar, karena sepanjang bekerja sesuai mekanisme tidak perlu di takuti.

“Orang yang takut karna ada kesalahannya, dan jangan main-main dengan anggaran. Kepada orang-orang tua kami di Bandar Hulan ini agar mengawal angaran dana desa ini,” ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap kepada investor yang ada di Bandar Huluan dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat sekitar.

“Ketika dulu sebelum saya mengabdi, saya juga seorang pengusaha, dan saya selalu memperhatikan lingkungan saya karena di situ tempat saya mencari nafkah. Nah jika di tempat bapak ibu jalan sudah berlubang-lubang itu pantas untuk di pertanyakan. Jadi mari kita bersinergi untuk kebaikan kampung halaman kita ini,” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, untuk membangun sebuah daerah, khususnya karakteristik seperti Kabupaten Simalungun di butuhkan perjuangan dan sentuhan.

“Kita mau kehadiran dan keberadaan kita menjadi solusi yang lebih baik untuk Simalungun. Program pemerintah kita marharoan bolon mendapat prestasi dari lembaga Muri. Inilah yang menjadi pemicu perhatian pemerintah pusat untuk Kabupaten Simalungun ini,” ucap Bupati.

Terkait dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Simalungun mendapat DAK tertinggi di Provinsi Sumatera Utara.

 “Ini merupakan salah satu sejarah bagi Kabupaten Simalungun untuk DAK tertinggi di Propinsi Sumatra Utara, karena itu kami bisa menggelontorkan anggaran ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun,” kata Bupati.

Agar Pemerintah pusat mau menggelontorkan dana dan melaksanakan program-program pembangunan di Kabupaten Simalungun, Bupati mengatakan bahwa Pemkab Simalungun terus membangunan komunikasi dengan pemerintah pusat, sebab jika hanya mengandalkan APBD Kabupaten Simalungun tidak cukup.

Di sisi lain, Bupati juga menyampaikan tentang pelaksanaan vaksinasi. Diharapkan agar masyarakat turut serta menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Simalungun.

“Vaksinasi untuk kesehatan kita dimasa pandemik saat ini. Untuk itu jangan takut kita untuk divaksin. Dan kepada seluruh parangkat nagori mari sama-sama kita sosialisasi dan kita sukseskan vaksinasi di Kabupaten Simalungun,” pintanya.
Dalam kesempatan itu, secara pribadi, Bupati menyumbang dana sebesar Rp. 10 juta untuk pembangunan renovasi Masjid Baitul Gofur yang di serakan langsung ke panitia Pembangunan.

Sebelumnya, Nurdin Panjaitan selaku Ketua Forum Silahturahmi Ormas Islam menyampaikan bahwa berdirinya Forum Silahtuhrahmi Ormas Islam tidak di dirikan oleh pemerinta daerah.

“Forum ini didirikan dengan bicara hati kehati ormas islam di Kabupaten Simalungun, agar ormas islam yang ada di Simalungun ini bisa membangun sinergi yang baik dengan pemerinta daerah,” jelasnya.

Nurdin menambahkan, pada waktu yang lalu ada kata kata '01', '02', '03' dan '04'. “Tidak ada lagi persolan itu hari ini, kita sudah bersama Bupati Simalungun untuk membangun sinergi yang lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Di acara itu, Bupati bersama Wakil Bupati Simalungun memberikan bantuan sembako dan tali asih kepada nazir masjid, bilal mayit dan penggali kubur.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kepala BPBD Ramadhan Damanik, Camat Bandar Huluan Akbar Putra Siregar, Camat Dolok Batu Nanggar Osnidar Marpaung, Camat Pematang Bandar Lamhot Sinaga, Kapolsek Perdagangan, Koramil 06, para Pengulu se-Kecamatan Bandar Huluan, Manejer RS Laras dr. Taty Sulistiani, Ketua DMI Simalungun H. Sulaiman Sinaga, Ketua PD Alwashliyah Amri Syam Simamora, ketua Perwis Deni Sartika, dan Ormas Islam Simalungun.
IKLAN