Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Harga Pisang Barangan Anjlok, Petani Pisang Barangan di Nagori Marihat Raja Mengeluh

Harga Pisang Barangan Anjlok, Petani Pisang Barangan di Nagori Marihat Raja Mengeluh
Foto: Gambar Pisang Barangan
Nagori Marihat Raja - KABAR NAGORI | Para petani pisang barangan di Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan mengeluh dikarenakan harga pisang barangan saat ini anjlok.

Risman Efendi Butar Butar, Warga Huta (dusun) 3 Bahkisat, Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan mengatakan sebelumnya harga pisang barangan ini sangat bagus, berada dikisaran harga 6-7 ribu per sisir dengan kualitas samsam (besar-kecil).

"Dulu, harga pisang barangan sangat bagus, harganya mencapai 7 ribu per sisir. Itupun masih harga samsam, bahkan pucuk/ujung sisiran pisang pun ikut dihitung." Kata Risman di warung kopi milik Lamsegar Manik, di Huta 4 Blok X, Nagori Marihat Raja, Mingu (12/12/2021) sekitar pukul 5 sore.

"Sekarang harganya (harga pisang barangan) sudah turun, bahkan ada yang tidak laku," sambungnya.
Risman juga menjelaskan saat ini pisang barangan yang diperhitungkan hanya pisang barangan yang berkualitas super, itupun dengan harga murah.

"Saat ini pisang barangan yang masih laku dijual hanya pisang dengan kualitas super, harganya pun cukup murah, 4 ribu kebawah," jelas Risman.

Risman juga menambahkan akhir-akhir ini banyak pisang barangan yang tidak dipanen dan akhirnya matang sendiri di ladang, karena pisang dengan kualitas standar sangat susah dijual.

"Pisang baranganku saja di ladang sudah ada yang tidak kupanen sehingga matang sendiri di pohon dan akhirnya busuk. Karena saat ini pisang barangan dengan kualitas standar sudah sngat susah untuk dijual." Tambah petani pisang di Nagori Marihat Raja ini.

Dia juga berharap semoga harga pisang barangan ini kembali normal, sehingga para petani pisang barangan bisa merasa lega.

"Semoga harga pisang barangan ini bisa cepat kembali normal juga semuanya bisa laku, supaya para petani pisang barangan merasa lega, dan hasilnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, apalagi ini menjelang Natal dan tahun baru, kebutuhan keluarga semakin meningkat," harap Risman Efendi Butar Butar.

Untuk diketahui, belakangan ini harga pisang barangan sangat menurun drastis.

Bukan hanya di Nagori Marihat Raja, di nagori-nagori lain se-Kecamatan Dolok Panribuan juga diketahui harga pisang barangan sangat mencekik. Bahkan di kecamatan lain di kabupaten Simalungun pun kemungkinan turut demikian.

Semoga harga komoditi pisang barangan kembali pulih normal. 
IKLAN
IKLAN
pasang