Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Wakil Bupati Simalungun dan Forkopimda Monitoring Pelaksanaan Pilpanag Serentak Gelombang II

Nagori Siantar Estate, Nagori Simpang Raya Dasma - KABAR NAGORI | Wakil Bupati Simalungun, H Zonny Waldi, bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) serentak gelombang II di Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, dan Nagori Simpang Raya Dasma, Kecamatan Panei pada Rabu (13/9/2023).

Di Nagori Siantar Estate, Wakil Bupati beserta Forkopimda, didampingi oleh Sekretaris Daerah, Esron Sinaga, bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra, Albert Saragih, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah lainnya, memantau pelaksanaan Pilpanag di TPS 1 dan 2 dari total 3 TPS yang tersedia.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Nagori Siantar Estate mencapai 2.887 jiwa dengan 4 Calon Pangulu (Kepala Desa).

Sementara di Nagori Simpang Raya Dasma, terdapat 654 Jiwa DPT yang terbagi di 4 TPS dengan jumlah Calon Pangulu sebanyak 5 orang.

Wakil Bupati Simalungun menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pilpanag di kedua Nagori ini berjalan dengan tertib, aman, lancar, dan dengan partisipasi masyarakat yang tinggi.

"Hari ini kita melaksanakan Pilpanag gelombang II di 77 Nagori di 28 Kecamatan. Dari pemantauan awal kami di Siantar Estate, partisipasi masyarakat dalam satu jam saja mencapai sekitar 30%," ujar Wakil Bupati kepada wartawan dari berbagai media.

"Khusus di Nagori Simpang Raya Dasma, kami lihat partisipasi masyarakat sudah cukup tinggi, terutama di TPS 1 yang mencapai 85%. Ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pilpanag ini mendapat dukungan kuat dari masyarakat," tambahnya.

Wakil Bupati berharap agar Pangulu yang terpilih sesuai dengan pilihan masyarakat memiliki kualitas yang baik, mampu melayani, memiliki wawasan, taat hukum, dan mampu mengakomodasi aspirasi rakyat dalam menjalankan tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

"Karena hanya ada satu Pangulu yang terpilih. Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat, meskipun ada perbedaan dukungan, setelah penghitungan suara, tidak ada keributan atau perpecahan, tetapi kita bersatu untuk membangun Nagori kita," ungkap Wakil Bupati.

Selain itu, Wakil Bupati juga berharap agar pelaksanaan Pilpanag gelombang II ini berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif hingga pelantikan Pangulu terpilih nantinya.

Pilpanag serentak gelombang II ini melibatkan 77 Nagori yang tersebar di 28 Kecamatan dengan total 357 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sebelumnya, gelombang I Pilpanag telah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023, melibatkan 248 Nagori.

Turut mendampingi Wakil Bupati antara lain Kompol Heryono (Danyon B Satbrimob Polda Sumut), Danki Brimob Pematangsiantar, AKP Adi Ageng Rismoko, Camat Siantar Henry Butar-butar, Camat Panei Ronald Apriadi Saragih bersama Forkopimca kedua kecamatan.
IKLAN