Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menyulap Kotoran Kambing Menjadi Pupuk Kompos: Inovasi Hebat Pangulu Simalungun

Inovatif: Kotoran Kambing Jadi Pupuk Kompos, Meningkatkan Pendapatan dan Mengatasi Kelangkaan Pupuk
Nagori Sordang Baru - KABAR NAGORIBambang Sahputra, Pangulu Nagori Sordang Baru Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, telah melakukan langkah inovatif yang menginspirasi dengan mengatasi kelangkaan pupuk subsidi dan meningkatkan pendapatan masyarakat di wilayahnya.

Dalam mengatasi kelangkaan pupuk subsidi dan pupuk lainnya, serta meningkatkan pendapatan masyarakat, seorang inovator hebat di Sumatera Utara telah menunjukkan jalan dengan mengubah kotoran ternak kambing menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi para petani.

Bambang Sahputra, yang baru saja menjabat sebagai Pangulu di Nagori Sordang Baru, telah memulai inisiatif luar biasa ini hanya dalam waktu empat bulan setelah dilantik oleh Bupati Simalungun pada 7 Juni 2023.

Kegiatan pengolahan kotoran kambing ini bertujuan untuk membantu petani di wilayahnya yang membutuhkan pupuk kompos untuk pertanian, termasuk tanaman palawija dan lainnya.

Menurut Bambang, pupuk kompos yang dihasilkan dari kotoran kambing ini juga membantu menciptakan lapangan kerja di Nagori Sordang Baru, yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Proses pembuatan pupuk ini melibatkan penduduk yang telah dilatih sebelumnya.

Bambang mengungkapkan bahwa pupuk kompos tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500 per kilogram. Hasil dari penjualan pupuk telah digunakan untuk membeli tiga ekor kambing sebagai investasi. Namun, Bambang juga mengakui bahwa saat ini mereka kesulitan untuk mendapatkan bahan baku kotoran kambing dan bahkan hewan ternaknya.

Ia berharap pemerintah dan instansi terkait dapat membantu dalam pengadaan hewan ternak yang diperlukan sebagai bahan baku pembuatan pupuk kompos. Inisiatif ini tidak hanya bermanfaat bagi petani di Nagori Sordang Baru tetapi juga sesuai dengan misi Bambang dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan inovasi dan semangat untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan ekonomi, Bambang Sahputra telah menjadi teladan yang menginspirasi banyak orang untuk mencari solusi kreatif dalam menghadapi tantangan saat ini. Inisiatif ini bukan hanya memberikan pupuk kompos yang bermanfaat, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi dan memberdayakan masyarakat di daerah setempat.
IKLAN