Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Unik, Perwira Berpangkat Mayor CPM Maju ke Pilpanag Simalungun 2023

Nagori Marihat Raja - KABAR NAGORI | Pesta demokrasi Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) Serentak di 248 Nagori se-Kabupaten Simalungun akan segera digelar, 15 Maret 2023 Mendatang.

Para putra-putri terbaik Simalungun dari berbagai kalangan bakal maju ke kontestasi untuk meraih kursi Pangulu dan mengabdi untuk masyarakat.

Dari sekian banyak balon (bakal calon) pangulu di simalungun itu, ada salah satu bakal calon pangulu yang yang menjadi perhatian publik, yakni seorang purnawirawan berpangkat Mayor CPM (Korps Polisi Militer) mengambil pensiun dini dan maju ke kontestasi Pilpanag Simalungun 2023.

Ia adalah Maukar Lumban Raja, salah satu putra terbaik Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Purnawirawan yang pernah menjabat Kepala Penerangan Korem 041/Garuda Emas (Kapenrem 041/Gamas) itu maju ke Pilpanag Marihat Raja dengan visi "Anak Rantau kembali ke Bana Pasogit untuk berkarya di Nagori Marihat Raja demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagori Marihat Raja".

Untuk mewujudkan visi luhurnya, putra terbaik Marihat Raja yang juga menyandang gelar akademik Sarjana Hukum (S. H.) itu menyusun beberapa misi, yakni:
  1. Meningkatkan Keimanan dan Keteguhan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan Keagamaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Nagori Marihat Raja;
  2. Meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat dengan meningkatkan system kinerja aparatur Pemerintah Desa serta terbebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme);
  3. Memberikan informasi yang terbuka kepada masyarakat Nagori Marihat Raja dengan menyediakan sarana publik yang cepat dan tepat;
  4. Menjadikan nagori Marihat Raja menjadi Desa yang maju dan mandiri dengan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UKM, LPMN, GAPOKTAN dan juga ibu-ibu PKK yang diberikan pendampingan berupa penyuluhan khusus;
  5. Pembangunan fisik atau non fisik harus merata dan tidak terjadi kesenjangan sosial.
  6. Meningkatkan pembangunan jalan desa, jalan pertanian dan jalan-jalan lingkungan permukiman di Nagori Marihat Raja;
  7. Menciptakan Pemerintahan Desa yang tanggap terhadap aspirasi masyarakat di Nagori Marihat Raja; dan
  8. Mengambil keputusan dengan musyawarah dan mufakat dan tidak bersikap sewenang-wenang dan arogan terhadap masyarakat.
Mayoritas masyarakat nagori Marihat Raja sangat menyambut baik kehadiran anak rantau untuk membangun kampung halamannya.

Lamsegar Manik, salah satu warga yang juga merupakan Sekretaris Kelompok Tani Blok Sepuluh di nagori Marihat Raja mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung Maukar Lumban Raja untuk maju ke Pilpanag Marihat Raja tahun 2023 ini.

Ia berharap, dengan maju dan terpilihnya Maukar Lumban Raja sebagai Pangulu Marihat Raja dapat melanjutkan pembangunan di Nagori Marihat Raja dan membawa kemajuan signifikan untuk kampung halamannya, nagori Marihat Raja.

"Pemerintah nagori sebelumnya memang sudah banyak melakukan perubahan dan pembangunan di Nagori Marihat Raja, namun kami sangat yakin, dengan banyaknya pengalaman dan jiwa kepemimpinan yang telah dimiliki Maukar Lumban Raja, kedepannya nagori Marihat Raja ini akan semakin maju dan sejahtera," ungkap Lamsegar.

Sementara itu, Alexchander Sitinjak, Sekretaris Nagori Marihat Raja menyampaikan bahwa pihaknya (perangkat nagori) bersikap netral dalam Pilpanag Marihat Raja.

Namun dirinya mengajak warga nagori Marihat Raja menentukan pilihan untuk memilih Calon Pangulu terbaik yang memiliki integritas tinggi dan program kerja terbaik.

"Mari tentukan pilihan untuk memilih Calon Pangulu yang memiliki integritas tinggi dan memiliki visi misi serta program kerja terbaik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nagori Marihat Raja," ajak Alexchander.

Ia berharap, menjelang dan seusai pilpanag, masyarakat tetap menjaga situasi kamtibmas.

Dikatakannya, beda pilihan itu biasa, tapi jangan sampai perbedaan membuat perpecahan antara warga.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat agar tidak mudah terprovokasi yang membuat situasi menjadi tidak kondusif.

"Kita harapkan agar seluruh masyarakat maupun tim pemenangan para calon pangulu untuk tetap menjunjung tinggi terwujudnya pilpanag damai di Nagori Marihat Raja, dan jangan sampai bias di kemudian hari karena beda pilihan," ungkapnya.
IKLAN