Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemkab Simalungun Gelar Bimtek Panitia Pilpanag

Nagori Sibaganding - KABAR NAGORI | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan pemilihan pangulu (Pilpanag) serentak tahun 2022 kepada panitia pemilihan tingkat nagori di Patra Comfort Parapat (Hotel Patra Jasa Parapat), Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kamis (01/12/2022).

Kepala DPMPN Simalungun, Jonni Saragih saat diwawancarai di lokasi mengatakan, saat ini merupakan tahapan pembentukan dan pembekalan panitia Pilpanag.

"Pertama, kita sudah melakukan pembekalan panitia pengawas kecamatan yang terdiri dari Camat, Kapolsek, Danramil dan petugas lainnya," sebut Jonni.

"Kemudian, pembekalan kepada panitia nagori, panitia nagori ada sebelas orang, tapi yang diundang hanya dua orang, ketua dan bendaharanya." Sambungnya.

"Selanjutnya akan berlanjut terus dengan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)." Tambahnya.

Ia berharap, dengan pelaksanaan pembekalan ini, pelaksanaan pemilihan pangulu nanti yang direncanakan pada 15 Maret 2023, bisa berjalan dengan baik.

"Memang, sangat terbatas waktu, tetapi karena keseriusan kita terhadap pelaksanaan Pilpanag ini, maka pembekalan-pembekalan ini kita maksimalkan," ungkap Jonni.

Kepada para Panitia Pilpanag, sambung Jonni, pihaknya sudah memberikan buku panduan berupa petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan Pilpanag.

Kemudian item per item juga dibekalkan kepada para panitia, bagaimana tentang persiapannya, mulai dari pencalonan, pemilih dan lain sebagainya.

Jonni menyebut, yang mengikuti Bimtek, pihaknya telah mengundang, panitia pengawas tiga orang per kecamatan, panitia nagori dua orang dan panitia pelaksana di TPS dua orang.

"Untuk 248 nagori, TPS kita ada 1.214 TPS di tiga puluh dua kecamatan. Terkait pembiayaan Pilpanag serentak, anggaran tahapan Pilpanag sudah ditampung di P-APBD (Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2022 dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2023," pungkasnya.
IKLAN
IKLAN
pasang