Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Warga Nagori Dipar Hataran Perbaiki Saluran Irigasi Yang Jebol

Nagori Dipar Hataran - KABAR NAGORI | Sejumlah warga bergotong royong memperbaiki saluran irigasi yang jebol di Daerah Irigasi (DI) Bandar Huta, Nagori Dipar Nagori Dipar Hantaran, Kecamatan Jorlang Hantaran, Kabupaten Simalungun.

Jebolnya saluran irigasi tersebut diakibatkan tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa Minggu lalu.

Selain warga, Pemerintah Nagori (Pemnag) Dipar Hantaran, Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Jorlang Hataran, Unit Pelayanan Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT PSDA) dan Anggota TNI 09/Tiga Balata juga turut bergotongroyong menimbun saluran irigasi yang jebol menggunakan karung plastik berisi tanah, agar dapat berfungsi untuk mengairi 130 hektare lahan pertanian di nagori bianaanya, sebelum diperbaiki permanen.

Hal tersebut disampaikan Camat Jorlanghataran Pondang Sidabutar dan Kepala Desa Diparhataran Sejuk Sinaga di Tiga Balata, Selasa (13/09/2022).

Sejuk Sinaga menjelaskan, sekitar 1,5 kilometer panjang saluran DI Bandar Huta, 20 meter diantaranya jebol dan beberapa titik saluran tertimbun material tanah perbukitan akibat guyuran hujan tinggi yang terjadi beberapa minggu lalu, hingga130 hektar tanaman padi kekurangan air.

"Kita berharap melalui gotongroyong, saluran irigasi dapat berfungsi dan dapat mengairi petak sawah di sejumlah hamparan lertanian, sebelum diperbaiki permanen," ujar Sejuk.

Sementara Camat Jorlanghataran menyampaikan, pihaknya telah melaporkan bencana longsor DI Bandar Huta Nagori Diparhataran ke Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk ditindak lanjuti.

"Kita berharap saluran dapat diperbaiki permanen dan mengajak masyarakat bergotongroyong memperbaki saluran irigasi, sebelum ada perbaikan dari pemerintah," ungkap camat Jorlang Hataran, Pondang Sidabutar.

IKLAN
IKLAN
pasang