Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Distan Simalungun Petakan Lahan Pertanian Pangan di Dolok Panribuan

Mudianto - Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabid Sarpras) Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun
Mudianto - Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabid Sarpras) Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun
Nagori Dolok Parmonangan - KABAR NAGORI | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun lewat Dinas Pertanian (Distan) Simalungun bakal melakukan pembuatan  peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) di Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Simalungun, Ruslan Sitepu melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Kabid Sarpras) Pertanian, Mudianto pada Pertemuan Koordinasi Pembuatan Peta LP2B yang digelar di ruangan BPP Pertanian Dolok Panribuan, Rabu (24/08/2022).

Pemetaan dilaksanakan untuk menyinkronkan data luas lahan pertanian di Dolok Panribuan, dimana pada tahun 2019 luas lahan pertanian di Dolok Panribuan seluas 3.015 Ha, sementara data yang dikeluarkan Kementerian Pertanian seluas 2.049 Ha.

Perbedaan luas lahan pertanian tersebut  disebabkan metode pengukuran yang berbeda, dimana Kementan menggunakan citra satelit, sehingga yang terukur hanya topografi bidang datar, dan lahan dengan kondisi miring tidak terukur.

Adapun lahan pertanian yang akan dipetakan, yakni; lahan pertanian padi sawah, jagung dan ubi kayu.

Pemetaan LP2B akan dilakukan oleh team dari Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun dalam jangka tiga Minggu kedepan, berbasis geospasial melalui sinergitas Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Luas Baku Sawah (LBS) Kementerian Pertanian.

Sarmida Lona Gultom - Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Dolok Panribuan
Sarmida Lona Gultom - Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Dolok Panribuan
Pada pertemuan koordinasi tersebut, Camat Dolok Panribuan, Nopen Germanicus Sijabat yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Sarmida Lona Gultom menyampaikan permohonan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun agar membantu para petani di Dolok Panribuan.

"Kepada Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun, kami mohon dibantu para petani kami" mohon Sekcam Dolok Panribuan seusai membuka rapat.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Dolok Panribuan, Perwakilan/Pj./Pangulu se Dolok Panribuan, Perwakilan Petani Sawah dan Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT PSDA) Kecamatan Dolok Panribuan.

IKLAN
IKLAN
pasang