Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sambut Menteri PUPR, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Perbaikan Jalan di DPSP Danau Toba.

Sambut Menteri PUPR, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Perbaikan Jalan di DPSP Danau Toba.
Kelurahan Parapat - Kecamatan Girsang Sipangan Bolon | KABR NAGORI
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati H. Zonny Waldi, menyambut kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kebupaten Simalungun, Sumut, Selasa (1/2/2022).

Kedatangan Menteri PUPR dalam rangka persiapan Peresmian Ruang Terbuka Publik (RTP) yang berlokasi di Pantai Bebas Parapat yang akan dilakukan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo
 
Kepada Menteri, Bupati memberikan cendra mata berupa seperakat pakaian adat Simalungun. 

Di hadapan Menteri, Bupati menyampaikan permohonan dalam penangan jalan strategis di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba yakni ruas jalan mulai dari Bagei sampai ke Tigaras. 

"Ruas jalan ini yang merupakan jalan susur pantai Danau Toba yang ada di Simalungun," kata Bupati. 

Bupati menjelaskan bahwa, jika jalan tersebut dapat segera ditangani maka konektivitas, akses antar kabupaten akan terintegrasi, dan akan tumbuh objek-objek wisata baru di sepanjang pantai, yang pada gilirannya tentu akan mampu mendongrak ekonomi daerah dengan tumbuhnya bisnis-bisnis baru di sepanjang Pesisir pantai seperti UMKM maupun IKM (Industri Kecil Menengah) .

"Pantai di kawasan Danau Toba khususnya di Simalungun memiliki view yang sangat indah kolaborasi antara view Danau toba dan pegunungan di sekitar Danau toba," jelas Bupati. 

Selanjutnya, Bupati juga menjelaskan bahwa Simalungun memiliki pantai Danau Toba terpanjang kurang lebih 70 km.

"Di sepanjang pantai telah tumbuh kota kota wisata dan pusat pemukiman penduduk, namun perkembangannya sangat lambat, hal ini berhubungan dengan akses jalan yang kondisi rusak berat," kata Bupati. 

Oleh karena itu, Bupati berharap adanya bantuan dari Kementrian PUPR yang di nakhodai oleh Pak Basuki untuk membantu Kabupaten Simalungun dalam hal percepatan penangan jalan susur pantai Danau Toba.

Menanggapi permohonan Bupati Simalungun tersebut Menteri PUPR langsung memerintah Dirjen Bina Marga dan Kepala Balai Jalan Nasional Sumatera Utara untuk menindak lanjuti usul Bupati Simalungun. 

Dalam penyambutan tersebut, tampak hadir Sekda Esron Sinaga, Kadis PU Hotbinson Damanik, Kadis Kesehatan Edwin Tony S. M. Simanjuntak, Kadis Pariwisata M. Fikri Fanani Damanik, Kadis PSDA Djamahaen Purba, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Kadis Koperasi Maruli Tambunan dan Kepala BPBD Ramadhan Damanik.
Sambut Menteri PUPR, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Perbaikan Jalan di DPSP Danau Toba.
IKLAN