Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PT. STP Distribusikan lnduk lkan Tilapia ke UPR

Nagori Janggir Leto - KABAR NAGORI | PT. Suri Tani Pemuka (STP) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun distribusikan induk ikan Tilapia yang sudah siap pakai kepada Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di sekitar wilayah operasional perusahaan, Jumat (18/02/2022).

Pendistribusian tersebut sebagai wujud kontribusi STP dalam meningkatkan kualitas benih tilapia yang dihasilkan oleh UPR, khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun.

Totalal induk tilapia yang diberikan lebih kurang 4.000 ekor dengan perbandingan jantan 1.000 ekor dan betina 3.000 ekor, berukuran berat kisaran 300-450 gram/ekor. 

Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi menyambut baik pemberian bibit ikan Talapia tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Simalungun.

“Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan produktivitas petani, namun turun menjadi momentum yang baik bagi UPR untuk dapat menghasilkan benih ikan yang lebih berkualitas, sehingga mereka mampu meningkatkan daya jualnya dan dapat meningkatkan kelancaran perputaran ekonomi rakyat, khususnya di Simalungun ini,” kata Wakil Bupati disela-sela kegiatan.

Dikatakannya, Pemkab Simalungun telah menunjuk 28 UPR yang akan menerima bantuan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Bantuan induk tilapia tersebut didistribusikan mulai hari ini (18/02/022) dan ditargetkan akan rampung pada hari Kamis (24/02/2022) mendatang.

“Dengan bantuan induk tersebut, UPR diharapkan dapat menghasilkan bibit yang berkualitas, yang tentunya dapat memberikan keuntungan bagi petani ikan dari sisi keberlanjutan ekonomi. Kami berharap nantinya mereka mampu melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas”, ujar Zonny.

Deputy Head of Tilapia Operation PT. STP,  Iman Santoso menjelaskan, PT. STP memiliki komitmen untuk bersama-sama berkembang dengan seluruh lapisan masyarakat, khususnya unit pembenihan tilapia di wilayah Kabupaten Simalungun.

”Salah satu upaya yang dilakukan yakni peremajaan induk ikan tilapia, untuk dapat meningkatkan kualitas benih yang dihasilkan oleh UPR tersebut. STP yang memiliki galur murni tilapia akan membagikan induk tilapia siap pakai dengan rasio 1:3, antara jantan dan betina," ucap Iman Santoso menjelaskan..

Iman berharap, pemberian induk ini diharapkan juga akan membantu perbaikan genetik bibit yang akan dibudidaya oleh masyarakat.

“Sebab, dengan genetik induk ikan yang baik maka akan menghasilkan pertumbuhan benih ikan yang baik, sehingga pada akhirnya hal ini juga akan memberikan dampak yang baik pada lingkungan”, pungkas Imam.

PT. Suri Tani Pemuka merupakan salah satu anak usaha PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang fokus pada integrasi budidaya perairan. 


Dengan visi menjadi “Perusahaan Solusi Total di Industri Aquaculutre”, PT. STP terus mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan bagi pelanggan dan industri budidaya perairan di Indonesia.
IKLAN