Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bupati Simalungun Lakukan Kunker Ke Kecamatan Silou Kahean

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau jalan longsor di Nagori Tani, Silu Kahean
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau jalan longsor di Nagori Tani, Silu Kahean (24/09/2021)

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H., M.H. bersama Ketua TP PKK Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Silou Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (23/09/2021).

Turut serta pada kunjungan kerja tersebut antara lain, Kadis PNPM Sarimuda Purba, Kadis Perindag Harmedin Saragih, Kadis Hanpang Pardomuan A. Sijabat, Plt Kadis PSDA Djamahaen Purba, Kabag Protokol Iwan Purba serta Forkopimcam.

Di Kecamatan Silou Kahean, Bupati yang juga didampingi Anggota DPRD Simalungun Saida Purba dan Karvan Saragih serta Camat Silou Kahean Jansimeon Sipayung meninjau kegiatan marharoan bolon (gotong royong) yang dilaksanakan secara serentak oleh masyarakat di kecamatan itu.

Dari kunker Bupati itu, terlihat nagori yang melaksanakan kegiatan gotong royong secara serentak diantaranya; Nagori Silou Dunia, Nagori Silou Paribuan, Nagori Bandar Maruhur,  Nagori Damakitang, Nagori Nagori Tani dan Nagori Nagori Dolok.

Tampak masyarakat nagori-nagori tersebut secara swadaya bersama-sama melakukan perbaikan jalan yang berlubang sepanjang lebih kurang 35 Km, mulai Nagori Silou Dunia yang merupakan perbatasan Kabupaten Serdang Bedagai dengan Kabupaten Simalungun menuju Nagori Tinggi Raja.

Jalan yang menjadi sasaran kegiatan gotong royong merupakan jalan kabupaten, dimana sebagian besar kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan dan bahkan badan jalan mengalami longsor.

Saat berada di lokasi longsor tepatnya di Nagori Nagori Tani, Bupati Simalungun menyaksikan kondisi badan jalan yang nyaris putus jika tidak segera dilakukan penanganan.

Melihat kondisi jalan itu, Bupati Simalungun langsung memerintahkan Kadis PU Benny Saragih dan Plt. BPBD Bob Presly Saragih yang turut dalam kunjungan itu untuk segera melakukan perbaikan, bekerja sama dengan pihak PTPN III Silou Dunia.

"Segera kita tangani ini, jika tidak segera kita tangani, dikhwatirkan jalan ini akan putus, jalan ini merupakan akses bagi masyarakat untuk melaksanakan berbagai aktivitas," kata Bupati di hadapan Kadis PU dan Plt. BPBD, sembari memerintahkan Pangulu Nagori Nagori Tani untuk mengerahkan masyarakat bergotong royong mengatasi sementara badan jalan.

Di Nagori Nagori Tani, Bupati bersama ketua TP PKK juga meletakkan batu dalam pembangunan parit pasangan.

"Parit jalan ini juga kita bangun agar air tidak mengalir ke badan jalan. Jangan hanya merawat atau membangun jalan, akan tetapi yang utama adalah parit jalan. Ini harus kita rawat agar air lancar, sehingga tidak meluap ke badan jalan," kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak masyarakat khususnya yang telah mapan  di perantauan untuk turut berpartisipasi membangun kampungn halaman, sehingga Simalungun kedepan lebih maju.

Selama dalam perjalanan di setiap nagori yang disinggahi, Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan gotong royong untuk memajukan nagorinya.

"Ayo kita tetap semangat membangun kampung halaman kita demi Kabupaten Simalungun yang maju dan sejahtera. Jangan lupa tetap menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

IKLAN