Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bupati Simalungun Apresiasi Haroan Bolon Yang Dilaksanakan Masyarakat Tanah Jawa dan Hatonduhan

Nagori Marubun Jaya - KABAR NAGORI | Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengapresiasi kegiatan marharoan bolon (gotong royong) yang di lakukan masyarakat Kecamatan Tanah Jawa dan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, Sumut, dalam mengatasi kerusakan jalan, Selasa (06/09/2022).

Hal itu disampaikan Bupati Simalungun saat meninjau pelaksanaan kegiatan marharoan bolon yang dilakukan masyarakat di jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Tanah Jawa dengan Kota Pematangsiantar, tepatnya di Simpang Pondok 8, Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun dan di beberapa titik badan jalan yang rusak berat menujuh Kecamatan Hatonduhan.

Masyarakat bersatu padu memperbaiki jalan provinsi tersebut dengan melakukan penutupan lubang di badan jalan, menggunakan batu bantuan dari anggota DPRD Simalungun asal Kecamatan Tanah Jawa.

“Jika melihat jalan ini merupakan jalan propinsi, dan kita berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) bisa melihat ini dan segera melakukan perbaikan," kata Bupati diselah-selah peninjauan itu.

"Demikian juga infrastruktur jalan provinsi yang rusak berat di wilayah Kabupaten Simalungun khususnya,” tambah Bupati.

Usai meninjau giat marharoan bolon di Nagori Marubun Jaya, selanjutnya Bupati yang juga didampingin anggota DPRD Simalungun yakni Sugiarto, Johanes Sipayung dan Bona Uli Rajagukguk menuju Kecamatan Hatonduhan untuk meninjau kegiatan yang sama di lakukan masyarakat Nagori Tangga Batu.

Masyarakat Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan melaksanakan giat marharoan bolon memperbaiki kerusakan jalan protokol penghubung Nagori Tangga Batu dengan Kecamatan Hatonduhan dengan menutup lubang di badan jalan, menggunakan material batu padas dari swadaya masyarakat dan bantuan alat berat dari pihak perkebunan PTPN IV.

Dalam kesempatann itu, Bupati Simalungun menyampaikan batuan sebesar Rp 10 juta untuk pelaksanaan marharoan bolon di kecamatan Hatonduhan.

Dari lokasi itu diperoleh informasi bahwa masyarakat telah mengumpulkan dana sekitar Rp 50 juta untuk perbaikan jalan.

Untuk mejaga dan merawat infrastruktur jalan di Simalungun Bupati menegaskan akan diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Simalungun.

“Ini merupakan cara kita menjaga infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Simalungun agar terawat dan mengatasi kendaraan yang oper tonase,” kata Bupati.
IKLAN
IKLAN
pasang