Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Air Parit Meluber ke Jalan Simpang Kawat - Tangga Batu, Warga Bersama Pemnag Marihat Raja Perbaiki Gorong-gorong

Nagori Marihat Raja - KABAR NAGORI | Warga bersama perangkat dan maujana Nagori Marihat Raja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun perbaiki gorong-gorong yang rusak di jalan lintas Simpang Kawat Tangga Batu.

Perbaikan gorong-gorong yang rusak sehingga air meluber ke jalan tersebut menggunakan batang kelapa.

Sekretaris Nagori Marihat Raja, Alexchander Sitinjak mengatakan, perbaikan gorong-gorong tersebut merupakan yang kedua kalinya di lokasi yang sama.

"Perbaikan ini merupakan yang kedua kalinya di sini, setelah beberapa bulan yang lalu telah diperbaiki menggunakan batang kelapa juga", sebut Alexchander.

Ia menjelaskan, air parit meluber sampi ke jalan dikarenakan jembatan pengganti riol/gorong-gorong yang telah dikerjakan sebelumnya patah, dan pengguna jalan menimbbunnya dengan batu padas sehingga air meluber ke jalan.

Mengatasi luberan tersebut, pihaknya bersama Maujana Marihat Raja dibantu masyarakat sekitar kembali membuatkan titi (jembatan kecil) supaya air bisa mengalir lancar.

Sekretaris Nagori Marihat Raja itu juga mengungkapkan bahwa di nagorinya, tepatnya di Huta 2 Blok X, terdapat 2 gorong-gorong yang kondisinya rusak parah.

Untuk sementara, pihaknya bersama masyarakat telah membuat jembatan kecil menggunakan batang kelapa supaya mobilisasi masyarakat bisa lancar dan air tak meluber ke badan jalan.

Ia juga menjelaskan, sesuai aturan, perbaikan gorong-gorong tersebut tidak dapat menggunakan dana dari Dana Desa, karena merupakan jalan kabupaten.

"Sesuai aturan, perbaikan jalan kabupaten tidak boleh menggunakan Dana Desa", jelasnya.

Pihaknya juga sudah mengusulkannya di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Nagori dan kecamatan, namun karena minimnya anggaran Pemkab Simalungun, perbaikan belum dapat direalisasikan.

Diungkapkannya, perbaikan gorong-gorong tersebut sudah diusulkan masuk ke program Marharoan Bolon Jalan Simpang Kawat - Tangga Batu.

"Program Marharoan Bolon Jalan Simpang Kawat - Tangga Batu sudah dibentuk, diharapkan, warga masyarakat, pengusaha maupun para anak rantau mau bersumbangsih, sehingga kerusakan akses Jalan Simpang Kawat Tangga Batu dapat teratasi" ungkapnya.

"Apa dan seberapa pun bantuan yang dapat diberikan, itu sudah sangat membantu demi kelancaran akses jalan. Diharapkan, seluruh elemen dapat membukakan hati dan sudi bersumbangsih", harapnya.
IKLAN
IKLAN
pasang