Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tak Menunggu Dana dari Pemerintah, Masyarakat bersama Aparatur Nagori Marihat Baris Langsung Tanggulangi Saluran Irigasi Yang Jebol Secara Swadaya.

Nagori Marihat Baris - KABAR NAGORI | Tidak menunggu kucuran dana pembangunan dari pemerintah, masyarakat bersama Aparatur Nagori dan Maujana Marihat Baris, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, secara swadaya bergotong royong (marharoan bolon) Minggu (15/05/2022).

Gotong royong tersebut dilakukan untuk menanggulangi tembok saluran irigasi yang jebol akibat tergerus air saat hujan dengan intensitas tinggi beberapa waktu lalu. .

Upaya tersebut dilakukan dengan membendung tembok saluran irigasi menggunakan goni berisikan pasir, dengan harapan air dapat kembali ke saluran irigasi untuk mengairi persawahan masyarakat di 3 huta yang luasnya lebih kurang 80 hektar.

Kegiatan pembendungan saluran irigasi dilakukan karena lokasi jebolnya dinding saluran berada di hulu, berdanpingan dengan pintu masuknya air ke saluran irigasi yang mengairi lahan persawahan milik warga.

Giat gotong royong tersebut dipimpin oleh Panguru Nagori Marihar Baris, Hadi Wijaya.

“Hal ini sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga pasokan dan pembagian air kepada para petani, sekaligus mendukung program haroan bolon yang digagasi oleh Bapak Bupati Simalungun." kata Pangulu Marihat Baris.

"Dalam kegiatan ini kami juga mendapat bantuan sejumlah goni dari instansi terkait,” pungkas Hadi Wijaya, Pangulu Marihat Baris.
IKLAN
IKLAN
pasang