Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DKP Sumut Tebar 750 Ribu Ekor Benih Ikan Nila di Nagori Sibaganding

Nagori SibagandingKABAR NAGORI | Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Utara kembali menebar 750 ribu ekor benih Ikan Nila di perairan Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (19/05/2022).

Selain di Kabupaten Simalungun, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara juga akan melakukan restocking benih ikan nila sebanyak 750 ribu ekor di setiap Kabupaten du Kawasan Danau Toba.

“Untuk hari ini di Simalungun dan besok di Kabupaten Toba,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara Mulyadi Simatupang.

Mulyadi Simatupang dalam keterangan persnya  juga menjelaskan, restocking 750 ribu ekor per Kabupaten ini bertujuan untuk mendukung  ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi para Nelayan Tradisional dan sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan ekosistem Danau Toba.

“Restocking ini juga sangat membantu kegiatan Nelayan Tangkap di perairan Danau Toba. Karena dengan populasi ikan yang bertambah, secara otomatis produktivitas tangkapan para nelayan juga akan meningkat, sehingga nantinya dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat,” terang Mulyadi Simatupang.

DKP Sumut Tebar 750 Ribu Ekor Benih Ikan Nila di Nagori Sibaganding
Foto: Ikan iblis merah alias red devil fish (Amphilophus labiatus) membuat resah warga/nelayan Danau Toba
Terkait ikan red devil yang meresahkan nelayan di Perairan Danau Toba, Mulyadi Simatupang menyampaikan keberadaan ikan red devil di perairan Danau Toba memang sangat merugikan para Nelayan dan hasil tangkapan ikan komersil semakin hari semakin berkurang, saat ini pihaknya masih melakukan berbagai upaya untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi dari ikan red devil.

“Untuk sementara waktu ini, kita akan menambah ikan persaingan di air dengan cara melakukan  restocking di berbagai Kabupaten se-Kawasan Danau Toba, dan benih ikan yang kita sebar ini nantinya akan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat,” pungkas Mulyadi Simatupang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun yang hadir saat restocking benih ikan nila 750.000 ribu ekor di Nagori Sibaganding mengajak para Nelayan Tradisional untuk memusnahkan ikan ikan red devil tersebut dengan cara menjaringnya.

“Jika ikan-ikan red dijaring atau ditangkapi setiap harinya, tentunya populasi ikan tersebut akan berkurang walaupun tidak seknifikan," ungkap Robert Pangaribuan didampingi Kepala Seksi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Widodo, usai menebar benih ikan Nila di Nagori Sibaganding.

Dikesempatan itu, tampak juga hadir Penyuluh Perikanan Aly Kasim Siregar, Edward Gusti Samosir, Pangulu Nagori Sibaganding Martno Wandi Bakkara dan stafnya, Sekertaris Koperasi Jasa Nelayan Makmur Jaya (KJNMJ) Jonner Sidabutar.

IKLAN
IKLAN
pasang