Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahas Vaksinasi, Rokok, Stunting dan Hepatitis, Puskesmas Tiga Dolok Gelar Minilokakarya Lintas Sektoral

Nagori Dolok Parmonangan - KABAR NAGORI | Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tiga Dolok menggelar minilokakarya lintas sektoral di Ruang Harungguan Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Kamis (12/05/2022).

Hal tersebut dilakukan untuk membahas capaian vaksinasi, bahaya merokok, permasalahan stunting serta penjelasan gejala dan penanganan hepatitis akut berat (Hepatitis A) di Kecamatan Dolok Panribuan.

Minilokakarya tersebut dihadiri  Camat Dolok Panribuan Nopen Germanicus Sijabat, Kapolsek Dolok Panribuan AKP Nelson Butar-butar, Danramil 09 Tiga Balata Kapten Arm. Muslimin Saragih, Pangulu se-Kecamatan Dolok Panribuan serta Ketua Karang Taruna Kecamatan Dolok Panribuan Adi Julifer Sinaga.

Pada pembukaan acara sekaligus penyampaian sambutan, Camat Dolok Panribuan, Nopen Germanicus Sijabat mengapresiasi kehadiran pangulu yang hadir pada minilokakarya.

Menurutnya, kegiatan rapat seperti ini sangat penting dihadiri karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari.

"Acara ini sangat penting, karena berhubungan langsung dengan kita", tegas Camat sembari mengajak para Pangulu untuk mengimplementasikannya di seluruh Nagori.
Danramil 09/TB Kapten Muslimin Saragih, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa TNI masuk ke semua lini dan siap membantu, karena pihaknya hadir untuk menyukseskan program pemerintah.

"Tentara (TNI) masuk ke semua lini, dan bila butuh pendampingan, TNI siap membantu. Kami hadir untuk mensukseskan program pemerintah," ucap Danramil menegaskan.

Sementara Kepala Puskesmas (Kapus) Tiga Dolok, dr Riona K. Damanik dalam paparannya menyampaikan capaian vaksinasi di Kecamatan Dolok Panribuan masih kurang dari target, dimana Vaksin Dosis 1 masih mencapai 74,84%, Dosis 2 70,13% dan Dosis 3 baru mencapai 28,38%, data per selumbari (10/05/2022).

Untuk itu, diharapkan kerjasama dari seluruh stakeholder dalam peningkatan capaian vaksinasi di Kecamatan Dolok Panribuan.

Dipenghujung acara, disepakati beberapa poin yang menjadi pemecahan masalah, diantaranya yakni memanfaatkan bahan makanan yang tersedia di Nagori setempat untuk diolah menjadi asupan gizi untuk menurunkan angka sunting, penyuluhan tentang bahaya merokok kepada masyarakat.

Poin-poin pemecahan masalah tersebut ditandatangani Camat Dolok Panribuan yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Dolok Panribuan, Sarmida Lona Gultom, Kapolsek Dolok Panribuan, Danramil 09 Tiga Balata, Kapus Tiga Dolok, Pangulu/mewakili se-Kecamatan Dolok Panribuan serta Ketua Karang Taruna Kecamatan Dolok Panribuan.
IKLAN
IKLAN
pasang