Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Susun Renja 2023, Pemkab Simalungun Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD

Kelurahan Bahapal Raya - KABAR NAGORI | Untuk menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan Simalungun tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar Forum Konsultasi Publik RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2023, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Kelurahan Bahapal Raya, Kecamatan Raya, Senin (14/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi, Dandim 0207/Sml Letkok Inf Roly Sohuoka, Sekda Esron Sinaga, para Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Simalungun.

Kepala Bappeda Simalungun, Ronald S. Tambun dalam laporannya menyampaikan bahwa forum yang mengusung tema "Pembangunan kualitas sumber daya menusia berlandaskan kearifan lokal" ini bertujuan untuk menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Simalungun tahun 2023, mengacu pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

Forum ini juga bertujuan untuk mensinkronkan penyusunan rumusan program prioritas perangkat daerah dengan prioritas nasional dan provinsi yang telah dituangkan dalam RPJMD tahun 2020-2024 dan RPJMD Provinsi Sumatera Utara  tahun 2019-2023, yang akan dituangkan dalam rancangan awal (ranwal) rencana kerja (renja) perangkat daerah, dan menyepakati dokumen ranwal RKPD tahun 2023.

Sebagai narasumber dalam forum konsultasi publik tersebut adalah dari Kementerian PPN/Bappenas, Bappeda Sumut, BPS Kabupaten Simalungun dan Bappeda Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) dalam sambutannya menyampaikan, forum konsultasi publik dilaksanakan seiring dengan tuntutan tugas yang semakin besar, adaftif dan responsif terhadap regulasi yang ada dan juga kebutuhan masyarakat.

Dikatakan, forum konsultasi publik merupakan awal dari penyusunan rencana kerja tahun 2023 yang tentu sangat membutuhkan saran, masukan dari semua stakeholder, unsur lapisan masyarakat, agar program kegiatan tahun 2023 nantinya bisa tepat sasaran secara efektif dan efisien.

Kepada semua perangkat daerah, Bupati juga mengharapkan agar dalam menentukan program dan kegiatan harus berdasarkan prioritas pembangunan daerah, sehingga program kegiatan yang akan dilaksanakan dapat bersinergi dan terintegrasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Terkait dengan tema yang diusung dalam forum konsultasi publik tersebut, Bupati mengatakan, fokus pembangunan Kabupaten Simalungun tahun 2023 yaitu meningkatkan derejat kesehatan masyarakat, peningkatan pemerataan kualitas pendidikan, peningkatan produktivitas dan kreatifitas pemuda.

Untuk mendorong dan mendukung fokus pembangunan tahun 2023, Bupati sangat mengharapkan keseriusan dan peran serta seluruh kepala dinas sebagai lending sektor pelaksana roda pemerintahan dalam upaya pencapaian terget indikator sasaran pembangunan daerah, yang merupakan tolak ukur penilaian tingkat keberhasilan Pemkab Simalungun.

"Mari kita berikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan berupaya berbuat yang terbaik untuk Kabupaten Simalungun yakni Tanoh Haboran do Bona," pinta Bupati.
IKLAN
IKLAN
pasang