Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Presiden Jokowi Tinjau sekaligus Resmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat

Kelurahan Parapat - KABAR NAGORI | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sekaligus meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Rabu (2/2/2022).

Jokowi berkunjung ke Parapat dengan mengendarai sepeda motor. Jokowi juga mengaku bahwa dirinya sengaja mengendarai sepeda motor dari Simpang Sibisa, Desa Aek Natolu, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba menuju Pantai Bebas Parapat untuk menikmati udara segar sekaligus melihat kondisi jalan di kawasan Danau Toba.

“Sayang kalau udara di Kawasan Danu Toba yang segar tidak dinikmati dengan bersepeda motor, dan sekaligus saya ingin melihat kondisi jalannya, apakah sudah mulus apa tidak. Jalannya sudah 80 persen mulus dan 10-20 persen masih butuh perbaikan, nanti sisanya kita perbaiki bertahap.” Kata Jokowi.

Presiden tiba di Kawasan Pantai Bebas Parapat sekitar pukul 12.06 WIB dan langsung disambut dengan riuh oleh masyarakat.

Kehadiran Presiden di Parapat diagendakan untuk melihat revitalisasi dan perbaikan-perbaikan fasilitas guna mendukung salah satu destinasi wisata kawasan Danau Toba.

Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia tersebut disambut  oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi bersama Forkopimda, para pejabat dijajaran Pemkab Simalungun mengenakan pakaian adat Simalungun.  

"Hari ini kita berada di Kawasan Danau Toba juga dalam rangka melihat apakah revitalisasi, perbaikan-perbaikan yang dilakukan sudah berjalan dan saya melihat ada sebuah perbaikan-perbaikan total sehingga nanti Menteri Pariwisata bisa membangun lagi, rebranding, diferensiasi, sehingga ada pembeda Danau Toba dengan kawasan destinasi wisata yang lain. Saya melihat potensi yang besar yang ada di Kawasan Danau Toba Ini," ujar Presiden dalam keterangannya selepas peninjauan di Kawasan Pantai Bebas Parapat.
Presiden Jokowi saat memakai Hio dan Suri-suri (pakaian adat Simalungun)
Foto: Presiden Jokowi saat memakai Hio dan Suri-suri (pakaian adat Simalungun)

Presiden juga diberikan Hio dan Suri-Suri yang diselempangkan pada pundak kanannya dan Gotong yang dikenakan sebagai penutup kepala.

Selanjutnya, Presiden menerima penjelasan panel dari Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa hingga saat ini di Kawasan Pantai Bebas Parapat sudah dibangun beberapa fasilitas untuk menyajikan pertunjukan seni budaya hingga menara pandang untuk bisa dinikmati oleh masyarakat yang berkunjung ke Danau Toba.

"Dulunya tidak ada untuk menyajikan pertunjukan seni budaya, sekarang sudah ada amfiteaternya, sudah ada kawasan yang bisa dipakai masyarakat untuk memandang Danau Toba," ucap Presiden.

Untuk diketahui, pekerjaan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dengan luas total 10.000 meter persegi menghabiskan biaya sebesar Rp 84,1 miliar. Pekerjaan tersebut meliputi penataan Kawasan Pantai Bebas, pembangunan gerbang kawasan, dan penataan RTP (ruang terbuka publik) Parapat.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, berharap agar penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat ini dapat meningkatkan daya tarik dari turis domestik maupun juga internasional sehingga bisa menikmati keindahan Danau Toba yang merupakan destinasi super prioritas.

"Mudah-mudahan dengan hal tersebut, bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Simalungun dan di sekitar kawasan Danau Toba," ujar Diana.
Presiden Jokowi mencicipi salah satau minuman khas Simalungun
Foto: Presiden Jokowi mencicipi salah satau minuman khas Simalungun

Presiden dalam kesempatan ini mencicipi kopi khas Simalungun yang disajikan dalam stand UMKM yang menampilkan berbagai jenis produk UMKM Simalungun seperti fogei, hoga hoga dan produk Hio Simalungun

Dalam kesempatan itu,  Ketua TP PKK Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga memperkenalkan produk UMKM Simalungun yaitu Pogei.  Pogei merupakan minuman segar dari Simalungun yang berasal dari rempah-rempah yang diolah dan dikemas untuk dijadikan minuman segar yang memyehatkan.  Pogei ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Simalungun.
Presiden Jokowi saat mengunjungi Stand UMKM Kabupaten Simalungun
Foto: Presiden Jokowi saat mengunjungi Stand UMKM Kabupaten Simalungun

Saat peninjauan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi turut mendampingi Presiden.

Galeri Foto lainnya:

IKLAN