Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemkab Simalungun Kejar Target 70% Vaksinasi Dosis Dua

KABAR NAGORI |  Untuk mengejar target 70% vaksinasi dosis dua (D2) di Kabupaten Simalungun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar rapat koordinasi di Posko Satgas Penanggulangan Covid-19 Simalungun, Jumat (25/02/2022).

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Wakil Bupati Simalungun, H. Zonny Waldi, S.Sos., M.M. yang dihadiri oleh Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedi Arifianto, Kapten Inf. Totok Ragiel Saputra mewakili Dandim 0207/Sml dan sejumlah pejabat lainnya.

Wakil Bupati menjelaskan untuk mencapai target 70% vaksinasi D2 harus ditentukan target sasaran harian di kecamatan, namun perlu dikaji terlebih dahulu persentase capaian vaksinasi D2 di tiap kecamatan, karena kemungkinan ada kecamatan yang sudah mencapai 70%.

Ia meminta Dinas Kesehatan selalu mengupdate laporan kegiatan vaksinasi setiap hari, termasuk data vaksin yang telah digunakan dan yang belum digunakan (sisa).

"Kita juga harus ada data target harian per faskes (fasilitas kesehatan) yang dapat dijadikan data kecamatan," kata Zonny sembari mengatakan perlunya kesamaan data.

Menurutnya Zonny Waldi, tim vaksinator di Puskesmas dibagi dua untuk mempercepat pemberian vaksinasi kepada masyarakat.

Satgas Penanggulangan Covid-19 juga disarankan untuk kembali melakukan sosialisasi akan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat serta penerapan protokol kesehatan.

Zonny juga mengimbau agar vaksin yang akan memasuki masa expired segera dihabiskan.

Dalam rapat tersebut juga dipaparkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) by Faskes Capaian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Simalungun sampai tanggal 24 Februari 2022.

Berdasarkan data itu diketahui capaian D1 mencapai 83,09%, D2 mencapai 67,83% dan D3 (booster) baru mencapai 4,02%.

Pada pertemuan rapat tersebut juga dibahas langkah-langkah strategis yang dapat diambil dalam rangka memenuhi target capaian vaksinasi 70% sampai dengan 28 Februari 2022.
IKLAN
IKLAN
pasang